AWUG

Kelapa, Segitiga, Ada Gula Merah Ditengahnya, Apa Hayo?

Awug! Hiya Hiya

Baheula

Awug, salah satu makanan tradisional khas Bandung ini mempunyai cita rasa yang khas karena tercampur dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, lalu diolah sedemikian rupa. Awug terbuat dari tepung beras, kelapa, aroma daun panda dan gula merah yang dikukus di dalam aseupan (kukusan berbentuk lancip untuk membuat tumpeng). Jika dikukus seperti biasa dengan alat kukus modern, akan mengubah aroma dan aura awug tersebut. Yang terpenting resep dan bahan dasar harus yang berkualitas. 

Awug sendiri sudah ada sejak zaman dahulu, dan makanan ini termasuk kategori camilan. Awug berasal dari wilayah pedalaman yang biasanya dibuat oleh masyarakat lokal saat panen usai. Makanan ini biasanya dinikmati oleh masyarakat Sunda di kala sedang bersantai, bersama segelas teh hangat akan terasa lebih nikmat.

Saat ini Awug sudah dapat ditemukan diberbagai pelosok daerah jawa barat khususnya kota Bandung. Pemilik Awug sekarang sudah memberi variasi baru seperti, Awug campur yang berisi klepon, kue ali agrem, dan naga sari. Awug akan lebih nikmat disajikan dengan alas daun pisang yang katanya akan meningkatkan selera penikmatnya karena aroma yang dikeluarkan oleh daun pandan dan daun pisang.

Kami merekomendasikan anda untuk membeli di :

Awug Metro Buah Batu
Jl. Kliningan Indomaret Karawitan No.22, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264
Tlp 0813-2016-0629

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *